Berita Terkini
Home » Berita » KPU Kota Binjai Libatkan 6.417 Petugas TPS

KPU Kota Binjai Libatkan 6.417 Petugas TPS

Binjai, kota-binjai.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai siap melibatkan 6.417 petugas di tem­pat pemungutan suara (TPS), pada pelak­sa­naan tahapan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang akan digelar 17 April mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Komisioner KPU Kota Binjai, Robby Effendi, kepada war­tawan, usai pelaksanaan sosialisasi pen­yelenggaraan Pemilu 2019 kepada puluhan insan olahraga di Kota Binjai, yang digelar di Ruang Rapat KONI Kota Binjai, Sabtu (29/12) sore.

“Jumlah tersebut memang sudah sesuai dengan kebutuhan kita. Mereka inilah yang nantinya akan ditempatkan pada 713 TPS di seluruh Kota Binjai,” ungkapnya, didampingi Staf Divisi Teknis KPU Kota Binjai, Risno Fiardi.

Robby mengatakan, dari 6.417 petugas TPS yang dilibatkan itu, sebanyak 4.991 di antaranya merupakan petugas dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Sedangkan 1.426 lainnya merupakan petugas perlindungan masyarakat (Linmas).

Dimana menurutnya, untuk proses seleksi dan rekrutmen petugas TPS tersebut, KPU Kota Binjai lebih mengutamakan mereka yang berusia muda, namun memiliki wawa­san dan pemahaman luas terkait Pemilu.

Sebab dia memprediksi, tahapan pemu­ngutan dan penghitungan suara di tingkat TPS akan berjalan alot.

Hal ini mengingat, tata cara pemungutan dan penghitungan sua­ra cukup rumit, serta jumlah pemilih mak­simal per TPS yang mencapai 300 orang.

“Setelah direkrut, nantinya petugas TPS akan diberikan bimbingan teknis terkait prosedur pengamanan sarana dan prasarana, tata cara pemungutan dan penghitungan suara, serta proses rekapitulasi suara,” ujar Robby.

Dia melanjutkan, tujuan kita tidak lain, agar mereka ini menjadi petugas TPS yang cakap dan andal.

“Sehingga menjamin kelan­caran tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019, serta meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi,” terang­nya.

(redHumasKPUKotaBinjai/Analisa)

Timber by EMSIEN 3 Ltd BG
besaran huruf
Kontras